Tips Mandiri Finansial di Usia Muda

Dapat mandiri secara finansial di umur masih muda atau umur 20-an, bukan hal yang tak mungkin. Untuk menempuhnya, kau mesti mempersiapkannya dengan matang sebab mandiri finansial di umur muda tak terjadi demikian itu saja.

Kecuali persiapan yang terperinci, kau juga mesti termotivasi dalam personal financial planning dan tetap untuk menempuh hal itu. Bagaimana caranya? Yuk, simak kiat dibawah ini ya.

1. Tentukan Definisi Mandiri Finansial Versimu

Kalau ingin menjadi mandiri finansial di usia muda, pertama-tama kamu harus tahu apa definisi mandiri finansial versimu sendiri. Ini karena mandiri finansial atau financial freedom punya makna yang berbeda untuk setiap orang.

Ada yang menganggap kalau mandiri finansial itu indikatornya punya gaji besar, punya properti, mobil, investasi di berbagai tempat, hingga jumlah tabungan ratusan juta.

Ada juga orang yang punya target ingin pensiun dini di usia tertentu sebagai indikator telah mencapai mandiri finansial.

Karena itu, tentukan apa arti mandiri finansial untukmu, lalu buat perencanaan dan target apa saja yang ingin kamu capai. Pikirkan juga kondisi keuanganmu saat ini dan buat target keuangan yang realistis.

Dengan begitu, kamu bisa punya gamparan yang jelas dan tahu langkah apa saja yang diperlukan untuk mencapainya.

Kamu juga bisa membaca referensi dan buku-buku terkait mandiri finansial untuk lebih memahami gambaran dan langkah-langkahnya.

2. Buat Rencana Keuangan

 

Selanjutnya, agar bisa mandiri finansial di usia muda, mulailah untuk membuat rencana keuangan. Langkah awal bisa kamu lakukan adalah mengalokasikan dana yang kamu punya tiap bulannya ke pos-pos kebutuhan.

Mulai dari transportasi, makan, listrik, pulsa, air, biaya hangout, dana darurat, dan sejumlah kebutuhan lainnya.

Kamu tetap bisa mengikuti trik ini meski masih mendapat uang jajan dari orang tua. Dengan membuat rencana keuangan pribadi yang jelas, maka kamu akan bisa terbiasa mengalokasikan dana yang kamu punya sesuai rencana tersebut.

Kalau sudah punya gaji yang tetap tiap bulan, kamu akan lebih mudah mengalokasikannya sesuai budget yang ditentukan di awal.

Cara paling mudah yaitu gunakan amplop terpisah untuk mengkategorikan pos-pos dana yang harus diisi saat sudah gajian.

Kemudian, catat semua pemasukan dan pengeluaran dengan detail agar kondisi keuanganmu selalu terpantau.

Kamu bisa mencatatnya manual dengan ditulis di buku atau dengan aplikasi keuangan. Jika perlu bantuan untuk merencanakan keuangan, kamu bisa mendaftar membership di Ternak Uang.

3. Siapkan Dana Darurat

Saat memulai perjalanan mencapai mandiri finansial, biasanya banyak yang lupa akan pentingnya menyiapkan dana darurat.

Misalnya saat usiamu sudah di akhir 20-an, tiba-tiba perusahaan tempatmu bekerja harus melakukan efisiensi dan kamu diberhentikan, tentunya sulit untuk mendapatkan kerja lagi dengan cepat.

Nah, peran dari dana darurat disini sangat penting. Tiap orang punya hitungan dana darurat yang berbeda, tergantung dari jumlah tanggungan.

Idealnya, dana darurat yang disiapkan adalah 6-12 kali dari gaji bulanan kamu saat ini. Dengan asumsi, kamu bisa bertahan hidup hingga 6-12 bulan meski tanpa pekerjaan.

Karena itulah, penting untuk menyisihkan dana darurat mulai sekarang, agar kondisi finansial lebih aman. Sebaiknya, pilihlah bank tanpa biaya admin agar dana darurat tidak berkurang tiap bulannya.

Ingat, dana darurat baru bisa dipakai saat kamu tidak ada pendapatan aktif. Dengan memiliki tabungan dana darurat yang cukup, maka salah satu indikator untuk mandiri finansial di usia muda sudah kamu miliki.

4. Rajin Berinvestasi

Tak peduli berapapun nominalnya, kamu harus rutin untuk berinvestasi setiap bulannya. Kamu bisa mulai berinvestasi di deposito, reksadana, emas, kripto atau saham.

Kamu bahkan bisa mulai berinvestasi hanya dengan 10 ribu saja di reksadana. Bedakan pula rekening untuk operasional sehari-hari, rekening investasi dan tabungan dana darurat.

Belajarlah terkait jenis-jenis investasi dan pilihlah yang paling cocok dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu. Untuk pemula, biasanya investasi yang paling aman adalah emas dan reksadana karena risikonya cukup rendah.

Itulah cara yang harus dilakukan jika ingin mandiri finansial. Sebaiknya persiapkan diri dari sekarang jika ingin kamu mandiri finansial di usia muda.

Jangan khawatir, Ternak Uang punya banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai target itu. Hanya dengan jadi member, kamu bisa belajar keuangan dan investasi lewat banyak modul ekslusif serta pembelajaran dari berbagai mentor ternama di bidang finansial.

 

error: