Sebagian Warga Banyuwangi Melaksanakan Sholat Tarawih Pada Malam Sabtu

Banyuwangi, detik1.com – Kementerian Agama memutuskan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Kendati begitu, sejumlah warga di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mulai melaksanakan shalat tarawih, Jumat (01/04/2022).

Salah satu Desa yang mulai menggelar shalat tarawih yakni Masjid Daruna’im Dusun Krajan, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Doc.Photo Warga Krajan Saat Melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Darunna’im

Ketua Takmir Masjid Daruna’im, Muhammad Suwondo(54) RT04 Dusun Krajan, menyebutkan, puluhan warga bahkan sudah berdatangan sejak setelah Shalat Maghrib.

Suwondo mengungkapkan, “bahwasany setiap tahun awal puasa di Dusun Krajan biasanya memang ada yang lebih awal dari pemerintah. Tokoh agama di Dusun itu menggunakan motede hisab,” kata Suwondo.

Kendati begitu warga yang mendahului, ia mengatakan tak pernah ada perdebatan meski sering memulai puasa lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“Kami menggunakan hisab. Itu sudah dari pendahulu saya, meskipun (puasanya) lebih awal, tidak pernah ada perdebatan,” tuturnya.warga tak mau di sebutkan namanya.

 

Berdasarkan informasi yang ia terima, pelaksanaan awal puasa pada Sabtu (02/04/2022) besok, tak hanya dilakukan di daerahnya.

Sejumlah Dusun bahkan Desa di Kecamatan lain seperti Kecamatan Srono, Desa Kebaman dan sebagian desa lainnya juga melakukan hal yang serupa.

Doc.Photo Awak Media DetikOne di Masjid Darunna’im

Sementara itu, andre, (29) RT04 RW03 warga Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, juga mengaku sudah ikut salat tarawih pada Jumat (1/4/2022). Ia mengaku mengikut shalat tarawih di salah satu Pondok Pesantren di Kacamatan Srono tersebut, Sabtu (02-04-2022) Sekira Pukul 20:22 WIB

“Dari dulu saya selalu ikut pondok soal penentuan awal Ramadhan, jadi tidak ada masalah,” singkatnya DetikOne

Jemaah di luar dusun tak diperbolehkan ikut serta. Selain itu, tempat cuci tangan tetap disediakan di area Masjid Darunna’im. Jamaah sangat senang warga sudah di berikan kelonggaran untuk menjalankan ibadah sholat terawih di masjid.

(Kli/nia).

error: