Polres Situbondo Latih Fisik dan Kemampuan Personel Dalmas

Situbondo, detik1.com – Dalam rangka meningkatkan kemampuan personel, Polres Situbondo menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas), Jumat (13/05/2022).

Kegiatan latihan Dalmas ini dimulai pukul 08.00 WIB digelar di Lapangan Apel Mapolres Situbondo diawasi langsung oleh Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto, SH. MH didampingi Kabag SDM Kompol Nurhadi Suseno dan Perwira Latihan.

Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto, SH. MH dalam arahannya menyampaikan pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas) dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan kesiapsiagaan personel dalam menanggulangi aksi unjuk rasa termasuk melatih tim negosiator.

“Pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik, dan kesiapan personel pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan”, ucap Kompol Pujiarto.

Kompol Pujiarto juga menjelaskan bahwa, kegiatan ini untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas dalam persiapan pengamanan massa, dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Situbondo.

Doc.Photo Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto, S.H.M.H Saat Menyampaikan Pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas)

Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal dengan materi yang dilatih terdiri dari penguasaan membentuk Formasi Dalmas Awal yaitu Formasi Bersyaf dan Banjar tiga tingkat pleton dan tingkat kompi, penguasan dalam bernegoisasi oleh Para Negositor Dalmas Awal, penguasaan pegang tali dalmas dan teknik mendesak serta mendorong massa pengunjuk rasa.

”Dengan adanya latihan dalmas ini diharapkan seluruh personel Polres Situbondo paham dan mengetahui tahapan-tahapan dalam pengendalian massa sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta mampu menerapkannya dilapangan ” pungkasnya.

(Humas/Fril)

error: