Penadah 15 Sapi Curian Asal Situbondo di Ringkus Polresta Banyuwangi

Banyuwangi, detik1.com – Jajaran Polresta Banyuwangi berhasil membongkar sindikat pencurian hewan ternak sapi yang dalam beberapa bulan terakhir meresahkan warga, tidak tanggung-tanggung, dari komplotan sindikat ini, polisi berhasil mengamankan 5 pelaku dengan barang bukti 15 ekor sapi yang diambil dari 13 lokasi yang berbeda.

“Alhamdulillah kami berhasil mengungkap sindikat pencurian ternak sapi, dengan total tersangka sebanyak 5 orang, dimana pelaku ini sudah menjalankan aksinya di 13 TKP dengan 15 ekor sapi yang berhasil di curi,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombespol Nasirun Pasaribu Jumat (01/04/2022).

Kapolresta menjelaskan, bahwa dari 5 pelaku yang berhasil diamankan, 4 diantaranya merupakan pelaku utama yang berperan sebagai eksekutor, yakni S (47), F (48), H (35), dan HA (56) yang kesemuanya warga Banyuwangi. Sedangkan HIL (49) warga asal Kabupaten Situbondo selama ini betindak sebagai penadah dari hasil curian.

“4 pelaku merupakan ekskutor, mereka semuanya warga Banyuwangi, dan 1 pelaku asal Kabupaten Situbondo berperan sebagai penadahnya,” jelas Kapolresta.

Menurut Nasrun, 3 dari 5 tersangka tersebut tercatat sudah pernah keluar masuk penjara untuk kasus yang sama. “Pelaku dan penadah kita tangkap. Tiga tersangka merupakan residivis,” ujarnya.

Saat melancarkan aksinya, para tersangka berbagi peran. Ada yang bertugas mengintai, menyiapkan kendaraan, hingga sebagai eksekutor. “Jadi sebelumnya mereka sudah melakukan pengintaian dan survey lokasi sapi yang akan dicuri. Barulah kemudian, pada malam harinya mereka beraksi” imbuhnya.

Setelah berhasil mencuri sapi yang ditargetkan, hewan ternak itu selanjutnya diangkut menggunakan kendaraan roda empat yang sudah disiapkan pelaku. “Sapi hasil curian oleh para tersangka langsung di bawa ke Situbondo untuk dijual ke penadah,” jelas Nasrun.

Selama menjalankan aksinya, tersangka sudah menyasar 13 TKP dengan total sapi curian mencapai 13 ekor. “Untuk BB hewan sapi yang kita amankan ada dua ekor. Sisanya sudah dijual oleh para tersangka,” ungkapnya.

Selain itu, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti lainnya berupa satu unit mobil Mitsubishi L300 yang digunakan untuk mengangkut sapi hasil curian Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat pasal 363 ayat 1 ke (1), (3), (4) KUHP Jo pasal 65 Ayat (1) KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. “Ancaman hukumannya 9 tahun kurungan penjara,” pungkas Nasrun.

(Red/Tim)

error: