Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan, PSHT Cabang Jember Melakukan Kegiatan Bakti Sosial Membersihkan Masjid dan Mushollah

Jember, detik1.com – PSHT Cabang Jember melakukan bakti sosial membersihkan masjid, musholla, makam, parit dan sungai untuk antisipasi banjir di 31 Ranting PSHT se-Kabupaten Jember, Jum’at (01/04/2022) pagi. Kegiatan tersebut merupakan ciri khas perguruan silat yang berpusat di Madiun itu untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Menurut Ketua PSHT Cabang Jember Jono Wasinudin,S.Kep, Baksos itu dilakukan untuk melatih anggotanya agar dekat dengan masyarakat. “Melalui Baksos ini, adik-adik PSHT akan belajar berbaur dengan masyarakat sekitar, sehinggga masyarakat juga dapat merasakan kehadiran PSHT, sebagai bagian dari masyarakat,” katanya seperti dilansir dari media online Jempolindo.

Setidaknya ada 3.664 anggota PSHT di seluruh Jember, yang terlibat dalam kegiatan itu. Baksos, kata Jono, mengajarkan tradisi menghadapi bulan suci, biasanya masyarakat melakukan kegiatan bersih-bersih, sebagai pertanda bahwa saat menjalankan puasa, lahir bathin sudah dalam keadaan bersih.

“Disamping kami dekatkan adik-adik anggota PSHT kepada masyarakat biar masyarakat tahu sebenarnya organisasi PSHT yang mengajarkan budi luhur untuk memayu hayuning bawana,” papar Jono kepada wartawan.

Doc.Photo Anggota PSHT Cabang Jember

Seperti biasa, katanya, kegiatan itu merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun, menjelang bulan Ramadhan. “Jadi bukan hanya sekarang saja, ya setiap tahun kita adakan kegiatan serupa, sebagai bagian dari agenda organisasi,” kata Ketua PSHT yang kini menjabat sebagai Sekcam Sukowono di Pemkab Jember.

Seperti yang dilakukan Ranting Mumbulsari, lebih dari 300 orang terlibat dalam kegiatan Baksos, yang berasal dari setidaknya 7 rayon yang berada di bawah Ranting Mumbulsari.

Sementara Direktur PT. Trans Indonesia Media, Zainal Arifin, mengaku akan back up penuh setiap pemberitaan terkait sepak terjang PSHT Cabang Jember dan sekitarnya. Mahasiswa asli Madura yang juga anggota PSHT Jember itu mengungkapkan selama ini yang muncul ke permukaan lebih banyak kabar miring, sedangkan yang positif-positif seperti Baksos ini jarang muncul.

“Jejaring media kami se-Jawa Timur sudah siap dengan tagline literasi terate kami menggandeng puluhan media online untuk menyiarkan citra baik perguruan silat kami,” tegasnya.

Dikutip dari radaronline.id Zainal Arifin tercatat sebagai Kepala Sekretariat Bersama LBH BIN, LSM AMPUH dan Media Cetak dan Online Trans Indonesia yang berkantor di Antirogo Sumbersari. Mahasiswa Fakultas Hukum salah satu kampus di Jember ini juga rutin mengadakan diskusi di kantornya dan tak jarang mengundang narasumber kawakan.

(Fuad/Red)

error: