Daerah  

Lakukan Pengecekan Kondisi Blok Hunian sebagai Upaya Deteksi Dini Gangguan Kamtib

Banyuwangi, detik1.com – Kondisi hujan yang mengguyur Banyuwangi pada kemarin sore tak menyurutkan semangat Kalapas Banyuwangi dan jajaran untuk melakukan pengecekan kondisi kamar hunian, Senin (15/2/2022).

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto didampingi oleh Kasi Admin Kamtib, komandan jaga dan jajaran pengamanan melakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari keadaan tembok hunian, teralis, plafon dan atap kamar hunian.

“Kami juga lakukan pengecekan kondisi gembok pada masing-masing kamar hunian dan setiap sket yang ada di Lapas” ujar Wahyu.

Wahyu menerangkan bahwa kegiata tersebut dilakukan sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lapas Banyuwangi, sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Keamanan dan Ketertiban pada kegiatan pengarahan yang digelar secara virtual sebelumnya.

“Instruksi tersebut langsung kami tindak lanjuti, sehingga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan” lanjutnya.

Lebih lanjut Wahyu menguraikan kegiatan pengecekan dilakukan secara menyeluruh pada setiap blok hunian. Mulai dari blok kriminal, blok narkoba, blok wanita hingga area brandgang.

“Kami harus memastikan kondisi Lapas Banyuwangi ini berada dalam kondisi yang baik, setiap bagian yang dirasa kurang baik akan segera kami tindak lanjuti untuk perbaikan” ucap Wahyu.

Disela-sela kegiatan kontrol, sesekali Wahyu berdialog dengan Warna Binaan Pemasyarakatan (WBP). Selain untuk mendengar keluh kesah WBP, Wahyu juga ingin mengetahui secara langsung apakah ada layanan yang diberikan oleh petugas Lapas Banyuwangi yang tidak sesuai SOP.

“Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir gangguan Kamtib di Lapas Banyuwangi” imbuhnya.

“Beberapa WBP saya ajak komunikasi dari hati ke hati, saya dengarkan keluh kesah mereka agar dapat kami ketahui kondisi aktual di lapangan, yang mana keluh kesah mereka selanjutnya akan kami tindak lanjuti” tandasnya. (Humas Lapas Banyuwangi)

(Aldi/nia).

error: