Kapolres Situbondo Melakukan Sidak ke SPPBE Kapongan, Berharap Stok BBM dan Gas LPG Selama Bulan Puasa Aman

Situbondo, detik1.com – Merespon keluhan masyarakat terkait solar dan LPG 3 kg, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. bersama Kadiskoperindag Kabupaten Situbondo Drs. Nugroho, MM. terjun langsung kelapangan sidak di SPBU dan Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE), Senin (28/03/22) pagi

Kapolres Situbondo dan Kadiskoperindag mendatangi 2 SPBU yakni SPBU Panarukan dan SPBU Kapongan untuk memastikan ketersediaan stok BBM terutama BBM jenis Solar.

Di SPBU Suherman ditemui Suherman selaku penanggung jawab, dan menjelaskan stok BBM Pertalite, Pertamax aman, untuk BBM Bio Solar kondisi stok kosong dan kiriman BBM Bio Solar sebanyak 8 ton per hari yang akan direncanakan pengiriman tanggal 29 Maret 2022.

Sedangkan hasil sidak di SPBU Kapongan, stok BBM Bio Solar kosong sejak Minggu tanggal 27 Maret 2022 dan mendapatpakan jatah pengiriman BBM Bio Solar sebanyak 8 Ton dari 13 Ton pemesanan dikarenakan ada pengurangan stok dari Pertamina.

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan bahwa, sidak ke SPBU ini dilaksanakan berdasarkan permohonan dan keluhan masyarakat serta monitoring anggota Polres Situbondo ke SPBU di seluruh Kabupaten Situbondo.

“Kami melihat dari beberapa hari ini terjadi kekosongan solar di beberapa SPBU di wilayah kabupaten Situbondo. Hal tersebut dikarenakan pasokan BBM jenis solar memang ada pengurangan jatah setiap SPBU dari Pertamina,” jelas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H.

Sementara itu, sidak ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) dilakukan untuk memastikan dan mengantisipasi kelangkaan stok LPG 3 kilogram menjelang bulan puasa hingga lebaran tahun 2022. Sidak LPG dilakukan dengan sasaran PT Amilia Jaya Santosa Kecamatan Kapongan.

“Untuk memastikan dan mengantisipasi kelangkaan stok LPG 3 kilogram menjelang bulan puasa hingga lebaran tahun 2022, kami bersama Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag) Kabupaten Situbondo melaksanakan sidak ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji,” jelasnya

Dari hasil sidak tersebut, sambung Kapolres Situbondo, di peroleh keterangan dari Ferdy, admin SPPBE PT Amilia Jaya Santosa, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo bahwa, stok LPG 3 kilogram memasuki bulan puasa hingga lebaran 2022 aman.

“Stok per hari LPG 3 kilogram yang tersedia di SPPBE PT Amilia Jaya Santosa sebanyak 50 ton. Sedangkan, pengambilan setiap hari ke depo pertamina yang menggunakan truk berkapasitas 45 ton. Jadi, jumlah total dalam satu hari ada 95 ton gas elpiji. Dari 95 ton gas elpiji yang disitribusikan sekitar 45 ton per harinya, sehingga masih ada stok 50 ton,” terangnya

Usai pelaksanaan isdak SPBU dan LPG 3 Kilogram, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. akan terus berkoordinasi dengan Instansi terkait dan Pertamina terkait untuk melakukan pemantauan dan juga pengawasan baik di SPBU maupun SPPBE yang ada diwilayah Situbondo. Tujuannya untuk memastikan kebutuhan masyarakat tercukupi selama Ramadhan sampai dengan lebaran.

“Dengan komunikasi dan koordinasi yag baik dengan semua pihak, dipastikan kebutuhan BBM ataupun gas LPG dapat tercukupi sampai pada lebaran,” tutupnya

(Humas/Fril)

error: