Dirut Perhutani di Dampingi Kadivre Jatim Kunker ke KPH Bondowoso

Surabaya, detik1.com – Direktur Utama (Dirut) Perum Perhutani Wahyu Kuncoro didampingi Kepala Divisi Regional (Kadivre) Jawa Timur (Jatim) Karuniawan P.S., melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) wilayah kerja Perhutani KPH Bondowoso Rabu (06/04/2022) tepatnya di petak 24 RPH Sukorejo BKPH Sukosari, yang masuk wilayah Desa Sukosari, Kecamatan Sukosari, Kabupaten Bondowoso. Dalam kunjungannya kali ini guna melihat potensi tanaman kopi yang mampu menyumbang pendapatan perusahaan sebesar Rp. 2.403.084.329,-

Dalam kunjungannya kerjanya di Desa Sukorejo Wahyu Kuncoro melakukan temu wicara dengan sejumlah anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan yang telah lama bermitra dengan Perhutani, dengan tanaman andalannya agroforestry kopi. Sukorejo adalah desa yang juga mendapat sebutan desa devisa karena dari tanaman kopi inilah desa ini menghasilkan devisa karena produk kopinya sudah diakui dunia, diekspor hingga eropa.

Doc.Photo Wahyu Kuncoro Saat Melihat Tanaman Agroforestry

“Kami tidak sia-sia melihat potensi yang begitu besar di Bondowoso dengan agroforestry kopinya, yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat desa yang berdomisili di sekitar hutan. Ke-depan kerjasama ini akan kita dorong terus, kita tingkatkan, semua bisa mendapatkan manfaat dari kerjasama ini, kita akan tindak lanjuti dengan kelembagaan yang kuat seperti koperasi misalnya,’ ujarnya.

Senada dengan itu diakui oleh Mattasan salah satu anggota LMDH yang juga hadir pada kesempatan itu mengatakan, bahwa keberadaan Perhutani telah banyak membantu dan mampu mengangkat ekonominya, berkat bermitra dengan Perhutani Bondowoso, tanaman Kopinya telah diekspor ke manca negara hingga ke eropa. Dari hasil sharing produksinya mampu memberikan pendidikan yang layak hingga perguruan tinggi untuk anak anaknya.

Selama 2 (dua) tahun berturut-turut KPH Bondowoso telah menjadi KPH surplus yang artinya bisa dinobatkan menjadi KPH Mandiri. Di bawah kepemimpinan Administrator/KKPH Andi Andrian perlu diketahui secara keseluruhan pendapatannya meningkat. Hal itu bisa dilihat dari laporan rugi laba, KPH Bondowoso memperoleh laba sebesar. Rp. 7.256.280.179,- di tahun 2021.

(Red/Tim)

error: