Bupati Bondowoso Himbau Masyarakat Tetap Waspada Potensi Ancaman Aliran Gas Vulkanik

Doc Photo Bupati Bondowoso Saat Himbau Masyarakat Tetap Waspada Potensi Ancaman Aliran Gas Vulkanik

Bondowoso, detik1.com – Berdasarakan hasil evaluasi secara menyeluruh, yang tertuang pada surat Plt. Kepala Badan Geologi nomor tanggal 07 q.lap / GL.03/BGL/2023 Januari 2023 telah terjadi peningkatan tingkat aktivitas gunung ijen dari level 1 (normal) menjadi level II (waspada)

“Dengan adanya peningkatan aktivitas ini, maka di perlukan sinergi dan konsolidasi oleh semua pihak untuk menghadapi potensi bahaya, yang dapat di timbulkan oleh kenaikan status Gunung Ijen, sehingga kita semua menjadi lebih siaga terhadap ancaman bencana Gunung Ijen,” kata bupati KH Salwa Arifin. Selasa (24/01/3023).

Bencana merupakan sesuatu yang sulit di prediksi, namun hal tersebut bisa kita melakukan mitigasi bencana untuk menimimalisir dampak yang akan timbul dari bencana.

“Saya menghimbau kepada semua pihak baik BPBD, Camat, Kepala Desa dan unsur lainya agar terus sosialisasikan dan melakukan simulasi, kepada masyarakat tentang dampak penanggulangan erupsi Gunung Ijen,” ucapnya.

Selain itu Bupati Juga berharap kepada masyarakat baik itu penamabang maupun wisatawan agar tidak mendekati kawah.

“Bagi masyarakat yang bertempat di sepanjang aliran sungai Kalipait di himbau agar selalu waspada terhadap potensi ancaman aliran gas vulkanik yang berbahaya,”himbaunya.

Bupati juga mengharapkan agar masyarakat menggunakan masker penutup alat pernapasan jika tercium bau gas yang sulfur atau belerang menyengat atau pekat.

“Kepada pihak terkait tolong tentukan jalur evakuasi dan titik kumpul teraman bagi masyarakat sekitar Gunung Ijen Jika arupsi benar-bemar terjadi,”pungkasnya.

Di sisi lain Wakil Ketua DPRD H Buhori Mun’im mewakili Ketua DPRD Bondowoso saat menghadiri rakor menyampaikan ungkapan apresiasinya dengan terselenggaranya rapat tersebut.

“Saya mewakli ketua DPRD Bondowoso sangat mengapresiasi dengan adanya rapat ini, karena bagaimanapun hal ini menyangkut keselamatan masyarakat Bondowoso ini merupakan kewajiban kita bersama insya Allah saya akan mengupayakan untuk membantu kebutuhan yang akan di butuhkan nantinya,” ungkapnya.

(Sukri)

error: